Wednesday, April 25, 2012

Hatiku, Hatimu, Hati Kita

"Hati hakikatnya merombak darah menjadi biliverdin. Atau, merombak amoniak menjadi urea. Namun kehadiranmu mampu membuat hati merombak kasih sayangmu menjadi semangat untukku menjalani hari. Membuat yang berat terasa ringan, membuat yang sulit terasa mudah." - Amgah

Hati itu adalah organ tubuh xang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Hati berfungsi menyimpan mineral, vitamin dan gula yang akan digunakan sebagai bahan bakar, membersihkan dan menyaring racun-racun dari darah dan mengontrol produksi atau pengeluaran kolesterol. Karena itu, kesehatan kita secara umu bergantung pada hati.
Ribuan enzim yang mengatur setiap aktivitas tubuh dihasilkan di sini. Jadi, kalau hati gagal memproduksi salah satu enzim saja, maka fungsi tubuh secara umum akan terganggu. Begitu juga dengan limpa. Limpa terdiri dari cairan jaringan, tempat semua sel-sel tubuh dibersihkan.  
Gaya hidup modern bisa memaksa hati kita untuk bekerja keras. Penggunaan alkohol, tembakau, zat pencemar dari lingkungan, zat aditif pada makanan, pestisida dari produk pertanian, kandungan kimia bahan kosmetik, produk-produk rumah tangga, stres, produk farmasi dan obat yang dijual bebas di pasaran termasuk kontrasepsi oral dan kafein, serta berbagai material lainnya bisa membunuh sel-sel liver.  
Ketidakseimbangan hati biasanya ditandai dengan sakit kepala, mudah marah, cemas, depresi, kebingungan, kelelahan, penurunan libido serta fungsi mental, alergi makanan, sensitif bahan kimia dan premenstrual syndrome serta kondisi seperti kepikunan dan penyakit parkinson. Sama kayak kalo kita lagi 'sakit hati' kita jadi gampang pusing, uring-uringan, badmood, bingung, stres, gak nafsu makan, terus pikun buat move on deh.
Jika hati rusak, maka fungsinya dalam mengeluarkan racun tidak berfungsi. Akibatnya racun akan menumpuk dalam darah dan akhirnya ke otak. Jadi, kalau misalnya gagal move on, berarti hatinya isinya racun semua. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kita menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat akan menjaga fungsi hati agar tetap optimal.

0 comments:

Post a Comment